Foto:


Untuk pertama kalinya sejak peluncuran kompetisi global Airbus di tahun 2008, sebuah tim yang berisikan mahasiswa asal berhasil masuk ke babak final Lima Besar di Fly Your Ideas 2017.

Tim PassEx beranggotakan tiga mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di IAE Toulouse, ISAE Supaero, dan Ecole Nationale de l’Aviation Civile (ENAC) Perancis. Mereka adalah Raisa Rico (IAE Toulouse),  Mukhtar Amin (ISAE Supaero), dan Dicky Adhitya Dwiantoro (ENAC).

Tim ini dipimpin oleh Raisa Rico, yang merupakan satu-satunya anggota perempuan di tim tersebut.
Tim PassEx terdiri dari 3 mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di IAE Toulouse, ISAE Supaero dan Ecole Nationale de l’Aviation Civile (ENAC) Perancis.   —Foto: Airbus

Berdasarkan rilis yang diterima oleh The River Post, gagasan inovatif Tim PassEx ini sukses bersaing dengan lebih dari 350 karya lain.

Salah satu keluhan utama penumpang saat ini ialah tentang sulitnya menemukan tempat yang pas untuk barang bawaan mereka di kompartemen atas-kepala di kabin. Tak jarang, kompartemen atas-kepala di area tempat duduk mereka terlalu penuh dengan bawaan penumpang lain, sehingga mereka harus menggotong kembali bawaan mereka dan mencari kompartemen lain yang masih lowong. Proses ini memakan waktu dan sering kali tidak praktis karena ruang gerak yang terbatas

Isu inilah yang coba diatasi oleh tim PassEx melalui ide mereka, yaitu aplikasi ponsel real-time Compact Luggage Strategy (CLS). Compact Luggage Strategy (CLS) Mobile App adalah sebuah sistem boarding revolusioner yang menggunakan aplikasi ponsel real-time untuk menentukan status boarding masing-masing penumpang sesuai dengan ukuran barang bawaannya. CLS membantu mengatasi masalah penyimpanan di kompartemen atas-kepala dengan mendistribusikan posisi penumpang di pesawat sesuai dengan ukuran barang bawaan masing-masing.

Ide-ide yang masuk final Fly Your Ideas 2017 –Foto: Airbus

 

Tim PassEx, bersama dengan keempat finalis lainnya, akan menghabiskan satu minggu di fasilitas Airbus ProtoSpace di Toulouse, Perancis untuk mengembangkan purwarupa, menguji dan memvisualisasikan ide mereka dengan menggunakan teknologi canggih dan dipandu oleh Airbus secara personal
Masing-masing finalis kemudian akan mempresentasikan ide serta purwarupa mereka di hadapan sebuah panel yang terdiri atas sejumlah ahli Airbus, tokoh-tokoh dunia penerbangan dan akademisi. Pemenang utama dari babak ini akan mendapatkan hadiah 30.000 euro.

Bekerja sama dengan UNESCO, kompetisi Airbus Fly Your Ideas bermaksud mewujudkan kolaborasi antara Airbus dan universitas serta mahasiswa demi menstimulasi munculnya solusi-solusi inovatif untuk industri penerbangan yang berkelanjutan.

http://riverpost.id/wp-content/uploads/2017/04/airbus-1024x768.jpghttp://riverpost.id/wp-content/uploads/2017/04/airbus-150x150.jpgEditor TheRiverPostThe WorldAirbus,Fly Your Ideas,indonesiaUntuk pertama kalinya sejak peluncuran kompetisi global Airbus Fly Your Ideas di tahun 2008, sebuah tim yang berisikan mahasiswa asal Indonesia berhasil masuk ke babak final Lima Besar di Fly Your Ideas 2017. Tim PassEx beranggotakan tiga mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di IAE Toulouse, ISAE Supaero, dan...B e r b a g i -- H a n y a -- y a n g -- B a i k