Foto: © Tony Scase News Service Ltd
Foto: © Tony Scase News Service Ltd


Lebih dari 200 atau bekicot berkompetisi dalam yang digelar pada 16 Juli 2016.  Kejuaraan ini sudah berlangsung sejak tahun 1960-an di Kota Congham, Inggris.

Lomba digelar di atas meja. Arenanya adalah kain bekas dengan tiga lingkaran. Peraturan pertandingannya tidak ribet. Siput diletakkan di tengah lingkaran, dan yang paling keluar dari lingkaran adalah pemenangnya.

Teriakan “Ready, Steady, Slow!” menandakan balapan dimulai. Para “pelatih” bersorak menyemangati siput-siput jagoan masing-masing.

Foto: © Tony Scase News Service LtdFoto: © Tony Scase News Service LtdFoto: Youtube BritclipFoto: Youtube Britclip

Siapa pun bisa berpartisipasi dalam lomba ini. Para peserta juga boleh membawa siput peliharaan sendiri.

Dilansir dari  laman World Snail Racing Championship, juara tahun ini adalah siput Herbie 2 milik Colin Voss dari Histon, Cambridgeshire. Herbie 2 berhasil menyelesaikan lintasan sejauh 33 sentimeter selama 3 menit 25 detik. Atas prestasinya itu, Herbie 2 memenangkan cangkir perak lengkap dengan daun selada.

Juara 2016, Herbie 2 bersama pelatihnya Colin Voss -- Foto: © Tony Scase News Service LtdJuara 2016, Herbie 2 bersama pelatihnya Colin Voss — Foto: © Tony Scase News Service Ltd

Juara tahun lalu, George, direncanakan untuk ikut bertanding pada tahun ini untuk mempertahankan gelarnya. Namun sayang, George mati sehari sebelum pertandingan.

Kejuaraan ini adalah bagian dari festival lokal. Pada tahun 1995, sebuah rekor tercipta dan tercatat di The Guinnes World Record saat seekor siput bernama Archie berhasil menempuh jarak 33 kilometer, eh sentimeter, dengan waktu 2 menit 20 detik.

Fauzan Mukrim

Fauzan Mukrim

Pekerja TV swasta. Tinggal di pinggiran Jakarta bersama istrinya, Desanti, dan dua anaknya, River dan Rain.
Fauzan Mukrim

Latest posts by Fauzan Mukrim (see all)

http://riverpost.id/wp-content/uploads/2016/07/snail-Tony-Scase.jpghttp://riverpost.id/wp-content/uploads/2016/07/snail-Tony-Scase-150x150.jpgFauzan MukrimThe WorldCepat,Kejuaraan Dunia Balap Siput,SiputLebih dari 200 siput atau bekicot berkompetisi dalam kejuaraan dunia balap siput yang digelar pada 16 Juli 2016.  Kejuaraan ini sudah berlangsung sejak tahun 1960-an di Kota Congham, Inggris. Lomba digelar di atas meja. Arenanya adalah kain bekas dengan tiga lingkaran. Peraturan pertandingannya tidak ribet. Siput diletakkan di tengah lingkaran,...B e r b a g i -- H a n y a -- y a n g -- B a i k