Norwegia Geser Denmark Sebagai Negara Paling Bahagia, Indonesia Bagaimana?

Image: Greg Raines -unsplash.com


Norwegia berhasil menggeser Denmark sebagai di dunia tahun 2017. Laporan The World Happiness Report 2017 ini dirilis oleh Sustainable Development Solutions Network (SDSN) atau Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan, pada 20 Maret 2017. Inisiasi global ini diluncurkan oleh PBB sejak tahun 2012, untuk memacu upaya negara membangun kepercayaan sosial dan keadilan demi kesejahteraan warganya.

Di urutan 10 besar negara paling bahagia, Norwegia diikuti oleh Denmark, Islandia, Swiss, Finlandia, Belanda, Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Swedia.

Semantara di posisi paling bawah dari 155 negara yang dinilai, selain Suriah dan Yaman, diisi oleh negara-negara sub-Sahara Afrika. Negara-negara yang paling tidak bahagia tersebut adalah Sudan Selatan, Liberia, Guinea. Togo, Rwanda, Tnazania, Burundi, dan Republik Afrika Tengah.

Adapun sejumlah negara maju seperti Jerman berada di posisi 16, Inggris di posisi 19, dan Perancis di posisi 31. Amerika Serikat sendiri sebagai kiblat negara adidaya bebas merdeka, berada di posisi ke-14.

Peringkat ini didasarkan atas enam faktor. Yaitu pendapatan per kapita, usia harapan hidup, kebebasan, kemurahan-hati (generosity), dukungan sosial, dan minimnya korupsi dalam pemerintahan atau bisnis.

Bagaimana peringkat ?
Tahun ini Indonesia berada di peringkat 81, atau turun dua peringkat dibanding tahun lalu. Posisi Indonesia berada jauh di bawah Singapura yang berada di posisi 26, Thailand di posisi 32, Malaysia di posisi 42. Indonesia bahkan berada 9 tingkat di bawah Filipina yang berada di posisi 72.
Namun Indonesia masih lebih baik dibanding Vietnam yang tahun ini menempati posisi 94, dan Myanmar di posisi 114, serta Kamboja di posisi 129.