Foto: Youtube - How To Wash The Dishes
Foto: Youtube – How To Wash The Dishes

Pekerjaan sehari-hari yang dikerjakan dengan ikhlas dan penuh kesadaran, bisa memicu rasa bahagia dan meredakan stress.
Begitulah yang dipercaya oleh Adam Hanley saat ia memulai risetnya pada Oktober tahun lalu. Saat itu, Adam Hanley adalah kandidat doktor di Florida State University (FSU) College of Education’s Counseling-School of Psychology.

“Saya tertarik tentang bagaimana aktivitas duniawi dalam kehidupan dapat digunakan untuk mempromosikan keadaan penuh kesadaran, dan dengan demikian meningkatkan rasa keberadaan yang melingkupi,” kata peneliti Adam Hanley, seperti dikutip dari Time.

Ia lalu melibatkan 51 FSU untuk membuktikan hipotesisnya. Adam membagi mereka dalam dua kelompok untuk . Satu kelompok piring sebagai pekerjaan rutin, sedang satu kelompok lagi piring dengan dibekali kesadaran penuh melalui latihan yang diarahkan oleh para periset.

Hasilnya, kelompok yang mencuci piring sepenuh kesadaran dengan fokus pada wangi sabun, suhu air, dan tekstur peralatan makan yang dicuci, berhasil menurunkan tingkat kegelisahan hingga 27 persen dan meningkatkan rasa bahagia hingga 25 persen.

Hasil riset yang dimuat dalam jurnal psikologi “Mindfulness” ini mengungkapkan bahwa ternyata aroma sabun cuci serta kolaborasi aliran dan gemericik air saat beradu dengan piring itulah yang bisa memicu pikiran positif. Dampaknya, pikiran negatif bisa ditekan, dan kualitas tidur pun membaik.

Barangkali inilah sebabnya, mengapa setelah mencuci piring dua tiga baskom, kita rasanya pengen tidur seharian… 🙂

M Isfarani

anak magang di The River Post. Tugas utamanya sebenarnya bikin kopi dan beli nasi. Masih belajar menulis.
http://riverpost.id/wp-content/uploads/2016/11/dish-1024x683.jpghttp://riverpost.id/wp-content/uploads/2016/11/dish-150x150.jpgM IsfaraniLife of Usmencuci,piringPekerjaan sehari-hari yang dikerjakan dengan ikhlas dan penuh kesadaran, bisa memicu rasa bahagia dan meredakan stress. Begitulah yang dipercaya oleh Adam Hanley saat ia memulai risetnya pada Oktober tahun lalu. Saat itu, Adam Hanley adalah kandidat doktor di Florida State University (FSU) College of Education's Counseling-School of Psychology. 'Saya tertarik tentang...B e r b a g i -- H a n y a -- y a n g -- B a i k