Medali Olimpiade Rio 2016 Diluncurkan, Pitanya dari Botol Plastik Bekas

52 hari menjelang upacara pembukaan , Brasil memperkenalkan emas, perak, dan perunggu yang akan diperebutkan oleh para atlet terbaik seluruh dunia.

Foto: Rio2016/Alex Ferro
Foto: Rio2016/Alex Ferro


“Hari ini (Selasa 14/6) menandai awal penghitungan mundur menuju Olimpiade pertama yang diadakan di Amerika Selatan,” kata Presiden International Olympic Committe (IOC) Thomas Bach yang turut hadir dalam acara peluncuran medali di Barra Olympic Park.

Medali didesain dengan melambangkan dua kekuatan, yaitu kekuatan para pahlawan olimpiade dan kekuatan alam. Total 2488 medali dengan berat masing-masing 500 gram diproduksi dengan kriteria keberlangsungan alam yang ketat.

812 medali perak dan 864 medali perunggu dibuat dengan menggunakan 30 persen material daur ulang. Sementara 812 medali medali emas dibuat dengan proses tanpa merkuri serta diawasi sejak dari penambangan hingga ke tahap desain. Sebagaimana dikutip dari situs resmi Rio 2016, sebagian bahan plastik pada pita medali yang akan dikalungkan di leher para juara, juga dibuat dari botol plastik bekas yang didaur ulang.

Upacara pembukaan Olimpiade Rio sendiri akan berlangsung pada 5 Agustus 2016.

Ayo, siapkan….. cemilan! 😀

Desanti Sarah

Desanti Sarah

Redaktur The River Post part time. Ibu Rumah Tangga full time, mengelola online shop di IG: @riverscorner dan FB: River's Corner. Mampirlah ☺
Desanti Sarah