Ludovico Membawa Grand Piano-nya ke Kutub Utara dan Bermain di Atas Bongkahan Es…

20 Juni 2016, pelabuhan Svalbard, Norwegia, menyambut sebuah kapal yang membawa penumpang istimewa. Di pelabuhan yang menjadi pintu masuk Eropa menuju ini, Einaudi turun bersama -nya.

“Berada di sini adalah pengalaman yang luar biasa, karena saya dapat merasakan kemurnian sekaligus betapa rapuhnya tempat ini,” kata Ludovico.

Italia ini hadir di Kutub Utara membawakan sebuah komposisi yang merangkum jutaan suara yang menyerukan penyelamatan kawasan Arktik atau Kutub Utara.
Dikelilingi suara rekahan dan debur air, Ludovico memainkan “Elegy for The Arctic” di sebuah panggung terapung di atas bongkahan .

Pagelaran ini adalah bagian dari kampanye Greenpeace untuk menyelamatkan kawasan Kutub Utara. Seperti dikutip dari laman Greenpeace, kampanye ini untuk mengingatkan orang-orang betapa kawasan Arktik adalah unik, dan harus selalu dilindungi dari risiko kepentingan yang hanya mengincar keuntungan jangka pendek.

Para ilmuwan sudah sejak lama risau dengan melelehnya es di Kutub Utara. Menurut NASA, sejak tahun 1970-an, setiap tahun sekitar 20.800 mil persegi es mencair di Kutub Utara.
Sebuah kenyataan yang terlalu berisiko untuk diabaikan.

Ayo, dengarkan musiknya di sini.

 

M Isfarani

anak magang di The River Post. Tugas utamanya sebenarnya bikin kopi dan beli nasi. Masih belajar menulis.