Foto: Drew Coffman – unsplash.com


Sebentar lagi tahun ajaran baru dimulai. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah pelajaran. Banyak orangtua yang ingin menemani anaknya belajar, namun kesulitan mengakses -buku pelajaran tersebut. Mau beli sendiri, tanggung dan pemborosan. Mau berbagi-pinjam dengan anak, nanti malah menghambat anak belajar.

Yang menghadapi masalah itu, ini ada kabar baik bagi Anda. Sekarang Anda bisa men-download, menyimpan, dan membaca buku-buku dengan . Cukup membantu bagi Anda yang memang ingin menemani anak belajar, atau cuma sekadar pengen tahu mereka belajar apa. Bagus juga untuk me-refresh pengetahuan. Misalnya, Anda mungkin sudah lupa bagaimana kodok berkembang biak, Anda tinggal buka pelajaran di kelas 3 SD.

Setidaknya ada dua situs yang menyediakan layanan ini secara gratis. Yang pertama situs Buku Sekolah Elektronik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berlamat di http://bse.kemdikbud.go.id.

Di situs ini, disediakan buku sekolah dari mulai jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang bisa Anda baca secara online atau di-download dan dibaca offline. Buku yang disediakan di situs web ini sudah berstandar nasional.

Situs layanan lainnya adalah Buku Sekolah Digital atau BSD. Situs ini bisa diakses dari http://bukusekolahdigital.com atau http://bsd.pendidikan.id. Mirip dengan Buku Sekolah Elektronik (BSE), Buku Sekolah Digital (BSD) ini adalah program inisiatif dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan buku belajar digital untuk semua tingkat pendidikan dasar dan menengah.

Semua buku yang dimasukkan dalam BSD telah dibeli hak ciptanya secara resmi oleh Departemen Pendidikan Nasional dari penulis atau penerbit yang terkait. Buku-buku tersebut selanjutnya diubah dalam bentuk buku digital (ebook). 

BSD ini juga menyediakan aplikasi sehingga memungkinkan untuk diakses melalui tablet atau telepon pintar. Saat ini BSD sudah memiliki lebih dari 2000 buku yang meliputi semua mata pelajaran SD, SMP, SMA dan SMK. Semua buku tersebut dapat di-download secara gratis di komputer, smartphone dan tablet melalui Appstore, Google Play & Windows Store.

Sedot, Gan!

http://riverpost.id/wp-content/uploads/2017/01/pexels-photo-106116-e1485073208336.jpeghttp://riverpost.id/wp-content/uploads/2017/01/pexels-photo-106116-150x150.jpegEditor TheRiverPostLife of UsBuku,download,Gratis,SekolahSebentar lagi tahun ajaran baru dimulai. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah buku pelajaran. Banyak orangtua yang ingin menemani anaknya belajar, namun kesulitan mengakses buku-buku pelajaran tersebut. Mau beli sendiri, tanggung dan pemborosan. Mau berbagi-pinjam dengan anak, nanti malah menghambat anak belajar. Yang menghadapi masalah itu, ini ada kabar...B e r b a g i -- H a n y a -- y a n g -- B a i k