Indonesia Juara Olimpiade Geografi di Beijing

Foto: Transmedia
Foto: Transmedia

Tidak banyak yang tahu, pada saat yang hampir bersamaan, ada dua olimpiade internasional yang sedang berlangsung. Olimpiade olahraga di Rio de Janeiro, Brazil dan Olimpiade Geografi di Beijing, China. Dan di kedua olimpiade itu, kontingen Indonesia berhasil membawa pulang medali.

Dalam International Geography Olympiad (IGEO) ke-13, Indonesia diwakili oleh empat orang pelajar. Mereka adalah Thalia salsabila dan Zachary Afif dari SMAN 8 Jakarta, Farhan Anshary dari Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan, Jawa barat dan Zithni Ilman dari SMA Kesatuan Bangsa BBS Yogyakarta.

Untuk menjadi peserta olimpiade ini, mereka harus lolos seleksi mulai dari sekolah, kabupaten, provinsi, dan nasional. Sebanyak 30 orang lulus ke tahapan nasional, selanjutnya dilatih intensif di Pelatnas dan disaring hingga final 4 orang yang berhak mewakili Indonesia.

Bersaing dengan 174 peserta dari 49 negara, kontingen Indonesia berhasil meraih tiga medali perunggu.  Kemendikbud bekerja sama dengan Dikti memberikan apresiasi bagi peraih medali berupa beasiswa di perguruan tinggi dalam negeri.

Desanti Sarah

Desanti Sarah

Redaktur The River Post part time. Ibu Rumah Tangga full time, mengelola online shop di IG: @riverscorner dan FB: River's Corner. Mampirlah ☺
Desanti Sarah