Didiagnosa Disleksia, Gadis Kecil Ini Membaca 1151 Buku Selama…

Faith Jackson ---Foto: Cavendish Press
—Foto: Cavendish Press

Berapa yang tamat Anda baca sampai hari ini?

Bisa nggak menandingi rekor Faith Jackson?

Gadis 11 tahun dari Ashley, Altrincham, Inggris, ini berhasil 1151 buah buku sepanjang tahun 2015, atau setara 3 buah buku per hari!

Faith adalah siswa tahun ketujuh di Knutsford Academy. Di sela-sela hobinya bermain drum, karate, dan senam, Faith selalu menyempatkan waktunya untuk membaca. Serial Harry Potter adalah buku kesukaan Faith, selain karya-karya Roald Dahl. Ibunyalah yang menyarankan Faith membaca. Faith memulai “karir” membacanya dengan melahap buku-buku Enyd Blyton, The Hardy Boys Adventures karya Edward Stratemeyer, dan buku-buku Tracy Beaker.

Dan untuk tahun ini, buku favoritnya adalah serial The Emily Windsnap, yang bercerita tentang anak perempuan yang menjadi putri duyung.

Faith tidak langsung bisa membaca sebanyak itu. Di usia 9 tahun, ia hanya menyelesaikan 364 buku dalam 7 bulan. Pada tahun 2014, orangtua Faith, Laura dan Paul, menghitung semua buku yang dibaca Faith.  Jumlahnya hanya 942 buah!

Img: Serendipity Reviews

Img: Serendipity Reviews

 
“Faith tidak tahu berapa jumlah pastinya, tapi saya selalu mencatat semua yang ia baca. Dan ketika kami hitung, jumlahnya tidak sampai seribu. Faith sangat kesal,” ujar Laura.

Faith bertekad untuk menebusnya. Dan Laura percaya anaknya mampu melakukannya. Faith selalu membawa buku ke mana pun dia pergi. Di perpustakaan setempat, ia punya ruang khusus yang disediakan oleh petugas perpustakaan.

Img: Serendipity Reviews

Img: Serendipity Reviews

 
“Membaca buku itu memberikan ide baru. Rasanya seperti tersesat di dunia lain, dan itu sangat menyenangkan” kata Faith.

Ini merupakan pencapaian luar biasa, mengingat Faith kesulitan membaca karena berjuang melawan disleksia sewaktu kecil. Disleksia adalah gangguan perkembangan di mana seorang anak kesulitan untuk membaca atau mengeja huruf. Seperti dikutip dari Serendipity Reviews, Faith baru bisa mengenal semua abjad di usia 7 tahun.

Tahun 2016 ini Faith berencana untuk menulis pendek semua buku yang ia baca. Menurut Faith, menulis tantangannya lebih besar daripada membaca 1000 buku.

Semangat, Faith!

Desanti Sarah

Desanti Sarah

Redaktur The River Post part time. Ibu Rumah Tangga full time, mengelola online shop di IG: @riverscorner dan FB: River's Corner. Mampirlah ☺
Desanti Sarah
  • Ira Astuti Nova Ranti

    keren! btw mukanya mirip Ipaw 🙂